Senin, 03 Desember 2012

ASPEK PEMASARAN dan ASPEK KEUANGAN



 1. Aspek Pemasaran
 
Pemasaran (Marketing) : Adalah suatu aktivitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang ada melalui penciptaan proses pertukaran yang saling menguntungkan.
Aktivitas pemasaran antara lain perencanaan produk, kebijakan harga, melakukan promosi, distribusi, penjualan, pelayanan, membuat strategi pemasaran, riset pemasaran, sistem informasi pemasaran dan lain-lain yang terkait dengan pemasaran.

Terdapat 3 tahapan dalam praktek pemasaran yaitu :
Pemasaran Swadaya (Entrepreneurial marketing)
Pemasaran Terformulasi (Formulated marketing)
Pemasaran Total (Intrepreneurial marketing)

Aspek Produk
Aspek-aspek manajemen produksi meliputi ;
  • Perencana produksi
Bertujuan agar dilakukanya persiapan yang sistematis bagi produksi yang akan dijalankan. Keputusan yang harus dihadapi dalam perencanaan produksi:
  1. Jenis barang yang diproduksi



  • Kualitas barang
  • Jumlah barang
  • Bahan baku
  • Pengendalian produksi
    • Pengendalian produksi
    Bertujuan agar mencapai hasil yang maksimal demi biaya seoptimal mungkin. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain :
    1. Menyusun perencanaan



  • Membuat penjadwalan kerja
  • Menentukan kepada siapa barang akan dipasarkan.
    • Pengawasan produksi
    Bertujuan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Kegiatanya meliputi :
    1. Menetapkan kualitas



  • Menetapkan standar barang
  • Pelaksanaan prouksi yang tepat waktu
  • Segmentasi Produk

         Segmentasi Produk bertujuan menyediakan mekanisme bagi perusahaan untuk mendistribusikan risiko menjual produk berbiaya tinggi di seluruh target pasar yang berbeda. Alih-alih memiliki satu produk dengan satu pasar dan satu kurva penawaran dan permintaan - pada dasarnya meletakkan semua telur produsen dalam keranjang tunggal - produsen dapat menjual model adik produk dengan harga yang berbeda untuk segmen pasar yang berbeda. Bahkan jika salah satu segmen bereaksi buruk, segmen lain dapat merespon lebih baik dari yang diharapkan. Selain itu, segmentasi memungkinkan untuk skala ekonomi.

    Analisa Situasi Pasar

         Analisa Situasi Pasar dilakukan untuk mengetahui seberapa besar potensi pasar yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha untuk mendapatkan keuntungan. 

    Analisa Pesaing

         Uraian   analisis   tentang   persaingan,  keunggulan dan kelemahan pesaing meliputi : produk, harga, dll
    Mengembangkan Bauran Pemasaran (MarketingMix)
             Membuat anggaran pemasaran dan mengalokasikan anggaran tersebut ke berbagai bauran pemasaran (4 P)
             Tawaran PRODUK ke pasar meliputi : kualitas, bentuk,    merek, dan kemasan serta dilengkapi dengan   pelayanan
             Harga (PRICE) yang ditetapkan harus sebanding  dengan penawaran nilai kepada pelanggan
             Tempat (PLACE) distribusi merupakan hal yang penting agar pelanggan dapat memperoleh produk dengan mudah
             PROMOSI,diperlukan untuk mengkomunikasikan produk ke pasar sasaran

    Strategi Promosi

    Promosi adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan, Tjiptono (2001 : 219).
    Strategi promosi menekankan pada hubungan dengan pelanggan yang dikenal dengan istilah saat ini Customer Relationship Management atau istilah yang lebih baru Customer Experience Management yang tidak hanya memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tetapi juga memahami yang dipikirkan pelanggan. 

    Pembuatan Media Promosi Berbasis TIK

    Promosi dapat dilakukan menggunakan berbagai jenis media. Media tersebut bisa melalui iklan, brosur, website, dan lainnya. Sedangkan iklan dapat melalui televisi, radio, koran, dan lainnya. Umumnya jika melakukan promosi melalui iklan ,biasanya akan lebih cepat dikenal daripada media lainnya. Hal ini disebabkan karena media yang digunakan biasanya umum sehingga masyarakat lebih cepat mengetahui iklan yang sedang dipromosikan. Sedangkan dengan brosur, kita bisa melihat informasi dari promosi tersebut melalui sehelai kertas. Biasanya isi kertas tersebut berisikan informasi dan gambar dari produk yang ditawarkan.
    Website adalah salah satu media promosi yang berbasis TIK. Keuntungan dari media melalui website ini adalah kita bisa memperoleh informasi yang lebih jelas baik dari jenis, harga, maupun kualitas dari barang itu sendiri. Tampilan website yang menarik dapat membuat konsumen yang membuka website tersebut tertarik untuk membeli produk tersebut.

    2. ASPEK KEUANGAN

    Keuangan merupakan salah satu fungsi bisnis yang bertujuan untuk membuat keputusan keputusan investasi, pendanaan, dan dividen.
    Keputusan investasi ditujukan untuk menghasilkan kebijakan yang berhubungan dengan :
                (a) kebijakan pengalokasian sumber dana secara optimal,
    (b) kebijakan modal kerja
    (c) kebijakan investasi yang berdampak pada strategi perusahaan yang lebih luas (merger dan akuisisi) (Damodaran, 1997).
    Keputusan pendanaan difokuskan untuk medapatkan usaha optimal dalam rangka mendapatkan dana atau dana tambahan untuk mendukung kebijakan investasi. Sumber dana dibagi dalam 2 kategori yakni:
    (a) internal yaitu dari laba ditahan (retained earnings)
    (b) sumber eksternal yaitu:
    1. Dalam bentuk utang yang meliputi penundaan pembayaran utang, pinjaman jangka pendek sebagai tambahan modal kerja, dan pinjaman jangka panjang (obligasi) sebagai dana investasi.
    2. Menerbitkan saham, baik dalam bentuk saham perdana (Initial Public Offer/IPO) maupun saham biasa baru sebagai sumber modal investasi dalam rangka ekspansi perusahaan.

    Komponen Biaya

    Biaya produksi adalah sejumlah pengorbanan ekonomis yang harus dikorbankan untuk memproduksi suatu barang.
    Biaya produksi dapat meliputi unsur-unsur sebagai berikut:
    1.       Bahan baku atau bahan dasar termasuk bahan setengah jadiB
    2.       Bahan-bahan pembantu atau penolong
    3.       upah tenaga kerja dari tenaga kerja kuli hingga direktur.
    4.       penyusutan peralatan produksi
    5.       uang modal, sewa
    6.       biaya penunjang seperti biaya angkut, biaya administrasi, pemeliharaan, biaya listrik, biaya keamanan dan asuransi
    7.       biaya pemasaran seperti biaya iklan
    8.       pajak

    Estimasi Biaya

    Estimasi biaya adalah penghitungan kebutuhan biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu kegiatan atau pekerjaan sesuai dengan persyaratan atau kontrak.
    Dalam melakukan estimasi (perhitungan) biaya diperlukan:
    •  Pengetahuan dan keterampilan teknis estimator, seperti membaca gambar, melakukan estimasi (perhitungan), dll.
    •  Personal judgement berdasarkan pengalaman estimator.
    Estimasi dibedakan menjadi:
    • Estimasi biaya konseptual
    • Estimasi biaya detail

    Penyusunan Anggaran/Investasi
    Penyusunan anggaran adalah proses pengoperasionalan rencana dalam bentuk pengkuantifikasian, biasanya dalam unit moneter, untuk kurun waktu tertentu. Anggaran merupakan rencana yang diungkapkan secara kuantitatif dalam unit moneter untuk periode satu tahun.

    CashFlow

    Cash flow (aliran kas) merupakan sejumlah uang kas yang keluar dan yang masuk sebagai akibat dari aktivitas perusahaan, dengan kata lain adalah aliran kas yang terdiri dari aliran masuk dalam perusahaan dan aliran kas keluar perusahaan serta berapa saldonya setiap periode.
    Hal utama yang perlu selalu diperhatikan yang mendasari dalam mengatur arus kas adalah memahami dengan jelas fungsi dana/uang yang kita miliki, kita simpan atau investasikan. Secara sederhana fungsi itu terbagi menjadi tiga yaitu
    1. Pertama, fungsi likuiditas, yaitu dana yang tersedia untuk tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari dan dapat dicairkan dalam waktu singkat relatif tanpa ada pengurangan investasi awal 



  • Kedua, fungsi anti inflasi, dana yang disimpan guna menghindari resiko penurunan pada daya beli di masa datang yang dapat dicairkan dengan relatif cepat
  • Ketiga,capital growth, dana yang diperuntukkan untuk penambahan/perkembangan kekayaan dengan jangka waktu relatif panjang..

  • Kriteria Investasi

    Kriteria investasi ini sangat bermanfaat dalam melakukan pengukuran manfaat atau keuntungan yang akan diperoleh jika melakukan investasi terhadap suatu usaha.

    Pencatatan Keuangan

    • ·        Mengetahui kondisi keuangan bisnis yang dijalankan.
    1. 1.       Berapa uang yang kita punya saat ini dari bisnis
    1. 2.       Untung atau rugi kah usaha ini, berapa nilai untung/ruginya
    • ·         Mencegah Bisnis Mati
    1. 1.        Dengan mengetahui kondisi keuangan, maka kita bisa melakukan pencegahan sedini mungkin.
    1. 2.       Mengetahui posisi uang kas-nya sudah minim. Jadi, misalnya ; tidak tambah beli stock jualan dulu.
    1. 3.       Banyak bisnis mati bukan karena tidak ada penjualan tapi tidakada uang kas, untuk beli bahan baku dsb.
    • ·         Sebagai bahan/dasar dokumen untuk :
    1. 1.       Melakukan proses akuntansi
                 Jika nanti suatu saat sudah memiliki sumber daya (uang dan personal) untuk melakukan pembukuan akuntansi, maka sudah tersedia dokumennya untuk di pindahkan ke pembukuan yang benar dan betul sesuai kaidah akuntansi.
    1. 2.       Untuk kepentingan perhitungaan pajak
                             Pajak yang dibayarkan sesuai karena ada dokumennya.
    1. 3.       Dokumen pendukung untuk mengajukan dana kredit                                                    
              jika mengajukan kredit maka, maka dokumen keuangannya sudah siap atau tinggal di improve sedikit lagi.


     SUMBER :

    http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_produksi
    http://ocw.usu.ac.id/course/download/514-STUDI-KELAYAKAN-BISNIS/ekm_790_slide_aspek_pemasaran.pdf
    http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://smallbusiness.chron.com/product-segmentation-22881.html&ei=OPu8UMKkFYLNrQfjyoCADQ
    http://usupress.usu.ac.id/files/Studi%20Kelayakan%20Bisnis_2_Final_normal_bab%208.pdf
    http://wirdalucky.blogspot.com/
    http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&ved=0CDMQFjAC&






    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar